Beranda | Artikel
Seorang Istri Harus Meminta Izin Suami
Selasa, 7 Agustus 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Ahmad Zainuddin

Seorang Istri Harus Meminta Izin Suami adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan “تنبيهات على أحكام تختص بالمؤمنات”(Tuntunan Praktis Fiqih Wanita), sebuah kitab buah karya Syaikh Dr. Shalih bin Fauzan Al-Fauzan hafidzahullah. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. pada 19 Dzul Qa’idah 1439 H / 01 Agustus 2018 M.

Download kajian sebelumnya: Jika Istri Menolak Ajakan Suami

Kajian Tentang Seorang Istri Harus Meminta Izin Suami – Tuntunan Praktis Fiqih Wanita

Termasuk hak suami atas istrinya adalah bahwa istri melaksanakan tugas rumahnya dan tidak keluar rumah kecuali dengan izinnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَالْمَرْأَةُ فِى بَيْتِ زَوْجِهَا رَاعِيَةٌ وَهْىَ مَسْئُولَةٌ عَنْ رَعِيَّتِهَا

Dan wanita menjadi pemimpin di rumah suaminya, dia akan dimintai pertanggungjawaban mengenai orang yang diurusnya.” (HR. Bukhari)

Imam Ibnu Qudamah berkata dalam kitab beliau Al-Mughni, “seorang suami berhak melarang istrinya untuk keluar dari rumahnya kepada sesuatu yang harus dikerjakannya. Baik itu menziarahi kedua orang tuanya atau mengunjungi orang tuanya saat sakit atau menghadiri jenazah salah satu dari kedua orang tuanya.

Imam Ahmad berpendapat tentang seorang perempuan yang memiliki suami. Sedangkan ibu perempuan ini sakit. Maka kata Imam Ahmad rahimahullah, “mentaati suaminya lebih wajib atas si perempuan ini dibandingkan ibunya. Kecuali sang suami mengizinkan.” Hal ini tentu menunjukkan bagaimana seorang istri wajib meminta izin kepada suaminya jika ingin keluar rumah. Bahkan perkara-perkara yang sangat wajib pun dia wajib meminta izin kepada suaminya. Kalau diizinkan, maka dia berhak untuk keluar rumah. Kalau tidak diizinkan, maka dia tidak berhak untuk keluar rumah. Sampai ketika ingin berkunjung kerumah orang tuanya atau ingin menghadiri jenazah orang tuanya harus dengan izin suami.

Simak Penjelasan Lengkap dan Download mp3 Kajian Tentang Seorang Istri Harus Meminta Izin Suami – Tuntunan Praktis Fiqih Wanita


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/44471-seorang-istri-harus-meminta-izin-suami/